Memacu Adrenalin di Wisata Alam Umbul Sidomukti

0 Comments


Bagi anda yang menyenangi aktifitas wisata yang cukup menantang adrenalin, objek wisata satu ini bisa menjadi pilihan menarik. Umbul Sidomukti, sebuah wahana wisata alam yang menawarkan panorama alam dan suguhan permainan menantang. Umbul Sidomukti sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di kabupaten Semarang, tepatnya di sisi timur lereng gunung Ungaran. Namun ada yang spesial di kawasan ini yaitu dengan adanya  lokasi wisata yang diberi nama Umbul Sidomukti sesuai dengan nama desa tersebut.

umbul sidomukti
 
Untuk menuju lokasi wisata ini dapat ditempuh dari Yogyakarta atau Semarang menuju arah Ambarawa, sesampai pertigaan pasar Ambarawa perjalanan dilanjutkan menuju kompleks wisata Bandungan. Rute jalan mulai menanjak, setelah bertemu dengan pertigaan pasar Jimbaran, perjalanan dilanjutkan dengan mengambil arah belok kanan dengan rute yang lumayan berliku, sempit dan menanjak karena memang lokasinya yang berada di lereng gunung, beberapa plang penunjuk jalan sudah tertera di pinggir jalan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tersesat, kalaupun ragu-ragu tentunya bertanya dengan penduduk sekitar adalah pilihan terbaik. Namun lokasi wisata ini hanya dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua dan roda empat saja, sedangkan kendaraan besar seperti bus masih sulit mengaksesnya dikarenakan medan jalan yang kecil dan menanjak tersebut.


Umbul Sidomukti adalah wahana wisata alam yang menyuguhkan beberapa permainan diantaranya:
  • 1)      Flying Fox, konon merupakan flying fox tertinggi di Jawa tengah, flying fox ini dibangun diantara dua bukit sehingga pengunjung akan dibawa menyeberangi dua bukit tersebut dengan pemandangan di bawah cukup membuat jantung berdesir kencang, di lokasi ini ada dua flying fox dengan ketinggian dan panjang yang berbeda.
  • 2)      Marine Bridge, merupakan jembatan dari tali mirip dengan jaring laba-laba namun dibangun secara horisontal dengan panjang kurang lebih 30 meter. Marine bridge ini juga dibangun di antara dua bukit. Ketika menikmatinya pengunjung akan diombang-ambingkan di atas jembatan dengan ketinggian yang juga cukup membuat dada berdetak.
  • 3)      Kolam renang alam, adalah kolah renang terbuka dengan dinding batu alami serta letaknya yang tepat di pinggir bukit menjadi sensasi tersendiri ketika pengunjung menceburkan diri kedalamnya. Suasana sejuk dengan pemandangan alami membuat suasana semakin terasa nikmat.
  • 4)      Wisata menunggang kuda, adalah wisata mengelilingi area wisata dengan menunggang kuda yang disewakan.
  • 5)      Selain wahana di atas masih terdapat pula model permainan lain seperti out bound, susur sungai, camping ground dan sebagainya namun untuk beberapa hal ini harus menghubungi pihak wisata terlebih dahulu. 

Selain beberapa permainan tersebut di atas, pengunjung dapat menikmati panorama yang sangat indah. Lokasi wisata Umbul Sidomukti yang terletak tepat di kaki gunung Ungaran ini memberikan suguhan panorama khas pegunungan yang memikat setiap pengunjung. Bila cuaca cerah, dari lokasi ini terlihat kota Ambarawa dan Semarang yang berkilauan nampak kecil di pelupuk mata. Bukit-bukit hijau dan perkampungan penduduk di sekitar kawasan wisata juga memberikan nilai tambah panorama yang bisa membuat mata dan pikiran segar kembali setelah sibuk beraktivitas. Selamat bereksplorasi.  








Sholeh Fasthea

Anak kesayangan Tuhan, penikmat tidur siang. Menyukai jalan-jalan untuk memburu sepi. Nampak untuk tak terlihat, berjuang untuk tak dikenang.

0 komentar:

Bagaimana dengan pengalaman perjalananmu?