Eksplorasi Candi Gedong Songo, Peradaban Agung di Lereng Gunung

0 Comments



Tahun 2013 Sahabat Lamperan The Explorer berkesempatan untuk mengekplorasi salah satu peradaban agung yang terletak di lereng gunung Ungaran yaitu Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo merupakan komplek bangungan candi yang berjumlah sembilan buah (Gedong=bangunan; Songo=sembilan), namun demikian dari kesembilan buah candi ini beberapa sudah rusak struktur bangunan aslinya sehingga tinggal landasannya saja.

Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dengan ketinggian sekitar 1200 MDPL, suhu udara di kompleks candi ini sudah terasa sejuk. Untuk menuju lokasi ini dapat dicapai dari Yogyakarta atau Semarang menuju arah Ambarawa, sesampai di pasar Ambarawa perjalanan dilanjutkan menuju kompleks wisata Bandungan, dari Bandungan ini informasi petunjuk Candi Gedong Songo sudah banyak tertera di pinggir jalan, atau juga bisa bertanya pada masyarakat sekitar.

Ekplorasi Lamperan The Explorer kali ini merupakan bagian dari acara Evaluasi Akhir Tahun dan Pergantian Kepengurusan Lamperan (Laboratorium Multimedia Pembelajaran). Perjalanan dimulai dengan cek in di salah satu wisma di daerah Bandungan pada pukul 11.00 wib yang nanti malam akan digunakan sebagai tempat rapat. Setelah makan siang, istirahat dan shalat eksplorasi Gedong Songo dimulai sekitar pukul 14.00 Wib. Perjalanan yang diperlukan dari wisma menuju spot Candi Gedong Songo kurang lebih 15 menit.

Untuk berwisata dan mengeksplorasi salah satu keajaiban dan keagungan karya nenek moyang ini ada dua pilihan yaitu dengan berjalan kaki mengelilingi kompleks candi dengan beberapa rutenya yang cukup menanjak, atau pilihan kedua hemat energi dengan menaiki kuda sewaan yang telah disediakan oleh pengelola untuk mengelilingi seluruh kompleks candi. Karena tujuan kami mengeksplorasi candi Gedong Songo ini untuk menikmati setiap detail keindahannya, maka kami putuskan untuk berjalan kaki saja. Waktu yang diperlukan untuk mengelilingi kompleks candi tersebut dengan berjalan kaki kurang lebih satu sampai satu setengah jam, tergantung berapa banyak jumlah pose yang akan diabadikan serta berapa jumlah kamera yang dibawa.
Selain kompleks bangunan candi, di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati kawah yang masih aktif serta pemandian air panas. Terdapat juga bumi perkemahan yang cukup asyik untuk dijadikan acara camping baik untuk anak sekolah, family gathering, out bound dan agenda lainnya yang bersifat alam terbuka.

Lokasi candi yang terletak di lereng gunung Ungaran menjadikan lokasi wisata ini mempunyai daya tarik sendiri. Keindahan candi yang merupakan warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya dapat dinikmati pula dengan pemandangan sekitar khas pegunungan yang mempesona. Kesejukan dan kedamaian begitu terasa setelah pengunjung mulai menapakkan kaki untuk menempuh satu persatu candi. 

Secara umum bentuk dan ukuran candi tidak begitu besar, namun letaknya  yang saling berjauhan inilah yang menjadi daya tariknya. Ketika pengunjung sudah memasuki gerbang wisata, bangunan-bangunan candi di bukit-bukit sudah mulai nampak, memberikan tantangan kepada pengunjung untuk segera menjumpainya. Posisi candi yang juga terletak di antara bukit-bukit inilah yang menjadi tantangan sekaligus pemandangan menakjubkan untuk terus ditelusuri dan dinikmati satu persatu. Selain untuk tujuan wisata, kompleks candi Gedong Songo ini juga sangat cocok untuk berolahraga. Maka pastilah setiap pengunjung akan memperoleh kesehatan jiwa dan sekaligus kesehatan raganya jika berkunjung ke spot wisata ini. 

Selamat bereksplorasi…




 

Sholeh Fasthea

Anak kesayangan Tuhan, penikmat tidur siang. Menyukai jalan-jalan untuk memburu sepi. Nampak untuk tak terlihat, berjuang untuk tak dikenang.

0 komentar:

Bagaimana dengan pengalaman perjalananmu?